Juni 25, 2008

Optimalisasi Radio Pembelajaran

Posted in Artikel, Pendidikan pada 3:06 pm oleh tepeuny

Oleh: Mohammad Triargho Alfalah Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

A. Fakta radio Indonesia

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari sekitar 17504 pulau. Dari jumlah kepulauan tersebut dapat dilihat pasti ada masalah pemerataan di Indonesia. Media radio termasuk media yang dapat dilihat dari hasil tidak meratanya pembangunan infrastruktur media massa di Indonesia karena Radio sangat efektif pada daerah-daerah terpencil yang belum dibangun Pemancar Stasiun TV sebagai sumber Informasi.

“So I listen to the radio, All the songs we used to know” ,salah satu kutipan lagu The corrs tersebut memang menggambarkan radio sebagai media hiburan musik. Hal itu juga dapat dilihat Di kota-kota besar seperti Jakarta, jogja dan Bandung terdapat puluhan bahkan ratusan stasiun Radio yang mengudara baik radio swasta maupun lembaga penyiaran publik. Radio-radio tersebut kebanyakan memberikan hiburan musik ketimbang informasi penting ataupun Program Siaran Pembelajaran.

Perijinan radio di Indonesia masih menjadi kendala, beberapa radio mengeluhkan perijinan radio di Indonesia karena tidak dapat menjadi lembaga publik, maka dari itu kebanyakan mereka menjadi radio swasta. Hal tersebut berdampak pada program yang disiarkan. Program yang disiarkan radio kebanyakan dikota-kota besar hanya mencari siaran yang menguntungkan atau banyak didengar yaitu hiburan musik. Jadi radio sebagai penyampaian Informasi dan media Pembelajaran masih dirasa kurang penggunaannya di Indonesia.

Ada beberapa radio Pendidikan di Jogjakarta seperti radio anak jogja, radio edukasi dll. Radio tersebut memberikan informasi pendidikan. Radio tersebut memiliki segmen para pebelajar. Radio seperi inilah yang dapat membangkitkan radio sebagai media informasi yang dapat mengisi pengetahuan masyarakat baik dikota besar maupun daerah-daerah terpencil. Akan tetapi keluhan perijinan, SDM, Segmentasi, Siaran program berkelanjutan menjadi kendala yang terus diupayakan demi kemajuan bangsa.

B. Pemanfaatan Radio sebagai media Pembelajaran

Radio adalah media audio uang penyampaian pesannya dilakukan melalui pancaran gelombang elektromagnetik dari suatu pemancar. Pemberi pesan (penyiar) secara langsung dapat mengkomunikasikan pesan atau informasi melalui suatu alat (microfon) yang kemudian diolah dan dipancarkan ke segenap penjuru melalui gelombang elektromagnetik dan penerima pesan (pendengar) menerima pesan atau informasi tersebut dari pesawat radio di rumah-rumah atau para siswa mendengarkannya di kelas-kelas.

Menurut kurikulum teknologi pendidikan UPI dalam e-booknya kelebihan media radio yaitu:

a. Memiliki variasi program yang cukup banyak

b. Sifatnya mobile

c. Baik untuk mengembangkan imajinasi anak

d. Dapat lebih memusatkan perhatian siswa terhadap kata, music sehingga cocok untuk MP bahasa

e. Jangkauannya luas, sehingga dapat didengar oleh massa yang banyak

f. Harganya relatif murah

Beberpa kelebihan diatas dapat djadikan alasan mengapa memilih radio sebagai media pembelajaran.

Menurut salah satu artikel di Koran Courrier International edisi No. 811 pada bulan May 2006 yang lalu, jumlah waktu menonton TV pada anak-anak yang berlebihan ternyata dapat menurunkan daya imaginasi anak-anak. Hal ini dapat kita lihat bersama pada dua gambar berikut yang dibuat oleh dua orang anak yang berbeda :

http://keluargacemara.net/emak/upload/Kids2.jpg

1. Gambar yang dibuat oleh seorang anak dengan jumlah jam menonton tv < (kurang) dari 3 jam per hari

2. Gambar yang dibuat oleh seorang anak lagi dengan dengan jumlah jam menonton tv > (lebih) dari 3 jam per hari

Dari hasil penelitian tersebut jelas kita dapat melihat bahwa radio memiliki keuntungan dapat mengembangkan daya imajinasi anak yang selanjutnya dapat meningkatkan kreativitas anak

C. Mengatasi Kelemahan Radio

Media pembelajaran selain dapat membantu karena memliki kelebihan juga memiliki kekurangan karena karakteristik media tersbut. Media radio pun memiliki kekurangan. Yaitu:

Kelemahan Media Radio

1. Sifat komunikasinya hanya satu arah (one way communication).

2. Jika siarannya monoton akan lebih cepat membosankan siswa untuk mendengarkannya.

3. Program siarannya selintas, sehingga tidak bisa diulang-ulang dan disesuaikan dengan kemampuan belajar siswa secara individual.

Dari kelemahan tersebut perlulah dibuat solusinya untuk membangkitkan eksistensi radio yang juga memiliki kelebihan yang tidak hanya sebagai hiburan music. solusi dari permasalahan kelemahan media tersebut yaitu:

1. Sifat komunikasinya hanya satu arah (one way communication).

Solusi: perlu adanya peralatan tambahan yatiu alat telekomunikasi yang dapat mengatasi masalah komunikasi satu arah seperti Telefon, masalah komunikasi ini dapat digabungkan dengan program-pogram tertentu dengan sesi atau waktu yang disesuaikan dengan segmen. Comtohnya: waktu pagi tidak cocok untuk berkomunikasi dengan segmentasi pekerja yang lagi sibuk bekerja. Waktu pagi dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan siswa yamg memiliki mata pelajaran tertentu. Komunikasi ini juga diperlukan hubungan erat antara pemilik radio dengan masyarakat dan sekolah

2. Jika siarannya monoton akan lebih cepat membosankan siswa untuk mendengarkannya.

Solusi: perlu adanya peningkatan kualitas SDM dalam menghasilkan program yang berkualitas, SDM dikumpulkan dari berbagai ahli seperti ahli desain naskah media, Ahli materi, Ahli komunikasi. Jika ahli tersebut berkolaborasi maka siaran monoton akan teratasi

3. Program siarannya selintas, sehingga tidak bisa diulang-ulang dan disesuaikan dengan kemampuan belajar siswa secara individual

Solusi: program radio termasuk media pembelajaran Audio. Pada alar radio-radio tertentu terdapat fungus merekam suara dari siaran radio. Hanya denga membeli kaset kosong siaran radio dapat direkam dan menjadi program audio yang dapat mendukung pembelajaran Individual

D. Upaya peningkatan Radio pembelajaran

Upaya peningkatan radio pembelajaran sebaiknya dilakukan tidak hanya oleh pihak stasiun radio saja tetapi juga dilakukan oleh pihak pemerintah dan masyrakat

Dari pihak stasiun radio, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan radio pendidikan yaitu:

§ Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia

§ Mengadakan kerjasama Intensif fan bekelanjutan dengan pihak sekolah, masyarakat dan pemerintah

§ Melakukan penelitian pengembangan program

Dari pihak masyarakat, yaitu:

§ Mengubah pemikiran bahwa radio tidak sekedar hiburan musik melainkan penyampaian informasi

§ Berpartisipasi dalam program yang diadakan radio pembelajaran setempat

§ Pihak sekolah dapat mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan pembelajaran sekolah

Dari pihak pemerintah, yaitu:

§ Mendukung pendirian Radio Pembelajaran

§ Mempermudah perijina

E. Menjaga Eksistensi Radio Pembelajaran

Untuk menjaga eksistensi radio pembelajaran yang perlu dilakukan adalah:

§ Melakukan penelitian berkelanjutan untuk mengembangkan program sesuai perkembangan zaman

§ Mengupgrade SDM

Daftar pustaka

Sabtu, 21 juli, 08.00 wib

http://kurtek.upi.edu/media/sources/2-%20klasifikasi%20media.pdf

http://wrm-indonesia.org/content/view/835/3/

http://mbeproject.net/siaran.html

1 Komentar »

  1. triargho said,

    mantab..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: