Juni 2, 2008

PENINGKATAN MEDIA RADIO UNTUK PEMBELAJARAN

Posted in Pendidikan pada 3:51 pm oleh tepeuny

Saat ini perkembangan teknologi dan komunikasi menuntut sumber daya manusia yang mampu bersaing baik secara kualitas maupun kuantitas. Salah satu upaya dalam peningkatan kualitas SDM tersebut yaitu melalui pendidikan. Melalui perkembangan teknologi pula, sekarang ilmu pengetahuan dapat diperoleh dan diakses dengan cepat dan mudah. Jarak tidak menjadi penghalang lagi dalam memperoleh pendidikan. Melalui berbagai media, maka proses komunikasi dan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Banyak jenis media untuk pembelajaran, dan salah satunya radio yang digunakan untuk pembelajaran.
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa yang dimaksud dengan media radio pembelajaran yaitu suatu media yang menyampaikan pesan-pesan pendidikan / pembelajaran yang disiarkan melalui station pemancar radio. Di Indonesia terdapat banyak stasiun pemancar radio baik yang dimiliki oleh pemerintah maupun swasta yang dapat dipakai untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan dengan menyiarkan program pendidikan. Dalam hal radio hanya ada satu institusi yang mempunyai daya jangkau secara nasional, yaitu Radio Republik Indonesia.
Untuk itu saat ini kita perlu berbenah lagi dalam upaya peningkatan media radio pembelajaran. Ada beberapa pihak yang berkompeten dalam pengembangan media radio pembelajaran, yaitu : Ahli teknologi pembelajaran (perancang pembelajaran), tenaga pendidikan (guru, dosen, tutor, dll) sebagai penulis materi pembelajaran, ahli materi, ahli media, dan tim produksi. Dalam prosesnya, tentu tidak sembarang langkah yang dapat ditempuh. Melainkan harus melalui prosedur tertentu agar nantinya kualitas yang dihasilkan dari media radio pembelajaran ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menunjang proses pembelajaran.
Adapun langkah-langkah yang harus dilalui sebagai berikut :
– Analisis kurikulum, pemetaan materi dalam kurikulum menurut karakteristik keefektifan kompetensi belajar dalam penyampaiannya.
– Analisis kebutuhan, pengumpulan data teoritik dan empirik tentang program dan media pembelajaran yang dibutuhkan.
– Pengkajian dan perancangan model/format sajian program
– Penyusunan GBIPM dan jabaran materi program
– Penulisan naskah dan bahan penunjang lainnya
– Script conference
– Tahap Produksi, preview, revisi, dan ujicoba prototype program
– Produksi program, dan yang terakhir
– Pemanfaatan program
Dengan adanya langkah-langkah yang telah diuraikan diatas, tentunya kualitas media radio untuk pembelajaran dapat ditingkatkan. Secara tidak langsung maka kualitas dan kuantitas SDM masyarakat Indonesia mampu bersaing dalam menghadapi globalisasi dunia.

Ket : Resume hasil diskusi mahasiswa Teknologi Pendidikan UNY dengan narasumber Sri Wahyuni S.Sos dari BPMR.

Prayoga Putra Utama
Mahasiswa Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Yogyakarta
05105244006

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: